Bisnis dan Gratis

Gratis|PTC|PayPal|Bisnis|Online|Tutorial

Ular Terbesar DiTemukan Di Pulau Kalimantan

ular-raksasa-kalimantan

ular-raksasa-kalimantan

BARU-BARU ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Hiii…

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.

Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa.  Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.

Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (Python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembapan, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam. (yan/berbagai sumber)

About these ads

25 Februari 2009 - Posted by | Unik & Aneh | ,

27 Komentar »

  1. Jangan2 itu ular yang ada di film kali lepas…

    Komentar oleh Ikbal | 26 Februari 2009

  2. hahaha
    ular na dah mpe mana ne
    woy ular na gedek

    Komentar oleh dimassuwendo | 27 Februari 2009

  3. ya udahlah, iya-iyakan aja napa, kan kalo emg bener biar ada syuting anaconda yg terbaru. Trus kan warga malaysia nggak bisa bobok nyenyak. kan seru!!! ya ampun………

    Komentar oleh ARIFIN | 3 Maret 2009

  4. alamak gitu koq di pikirin pikirin aja apa yg ada sekarang kalo ada bukti yg lebih kongkrit spt video \ rekaman filem baru ane percaya

    Komentar oleh boy asmara | 4 Maret 2009

  5. hiiiiiii….. gitu ular terbesar bo’óng tuh mau tau ular terbesar mau tau gak cari aja di dlm celana dalam loh pasti ada Alias kantong peler

    Komentar oleh opal ulul | 4 Maret 2009

  6. peler sia mereun!!!!

    Komentar oleh jurig | 13 Maret 2009

  7. ah yang bnr aja,ular@ segedek gtoch…
    gk boongan tuch………..

    Komentar oleh zea | 13 Maret 2009

  8. n

    Komentar oleh bos tahu | 18 Maret 2009

  9. alah yang bener aja deh

    Komentar oleh jajarmustokoaji | 25 Maret 2009

  10. biar aja n pa biar orang malinsia habis d makan …oke

    Komentar oleh jojo | 5 April 2009

  11. mungkin ini salah satu trik promosi pariwisata malaysia

    Komentar oleh andi | 6 April 2009

  12. wuiihhhh
    gEdE banget uLARNYA,,
    hiii serem,,
    Itu….tu ular dari malaysia,,
    yang diusir majikannya karena gak becus kerja,
    jadi lari ke indonesia deh, hihihihihi
    ampunn Dj,, ular ato hantu ya,,,???

    Komentar oleh Edja | 17 April 2009

  13. Biarain aja deh ukar tu……..

    Paling2 nyerbu warga malaysia sono….

    Ampuuuuuuuun…….

    Komentar oleh apin | 24 April 2009

  14. mungkin ja da ular sebesar itu sbb di kalimantan kan jarang disambangi orang mungkin juga da ular yg lebih besar lagi yg siap nelan kamu hiiiiiii hiq!

    Komentar oleh lun@rsov | 27 April 2009

  15. Hal ini sangat mengagumkan. Ternyata alam ini masih penuh keajaiban dan misteri. Mari kita jaga bumi ini. Manusia tdk blh serakah terhadap alam.

    Komentar oleh murdiyono | 13 Mei 2009

  16. yup btl kt mas murdiono,.. jagalah hutan agr pencemaran udara yg tanpa sadar kita telah trkna imbasbya,.. ular ini adalah ciptaanya yang sngja untuk mnjaga hutan kalimantan,..

    Komentar oleh iip | 16 Mei 2009

  17. banyak kejadian aneh di dunia ni
    mungkin ni tanda2 mau kiamat
    bertaubatlah para manusia
    heheheheh

    Komentar oleh tian | 27 Mei 2009

  18. Ngga gitu bro, yg ahli periksa foto itu loh autentik or cuma rekayasa. Kadang gw pengen piara python sampe pol panjang brapa stlh 25 th. Kemaren ada yg kasih anak buaya 2 ekor, mau gw piara, eh istri marah2. Batal deh.

    Komentar oleh Sugarcane | 29 Mei 2009

  19. Saya bisa percaya dan tidak mengenai ular yg super besar di kalimantan

    Komentar oleh Rudy boymin | 16 Januari 2012

  20. apakah betul itu?, kalau betul hebat banget deh

    Komentar oleh eko ns | 18 Januari 2012

  21. Mnrut sya yng orng kalimantan asli, itu mmang benar ada, dan ular tersebut pernah di tmukn di hulu sungai mahakam ! kami menyebunya ULAR LEMBU……

    Komentar oleh EvHin | 19 Februari 2012

  22. percaya atau tidak ? di hutan
    kalimantan fakta tentang keberadaan ular2 besar yang mmpunya panjang bermeter2 itu memang benar ada nya

    Komentar oleh Vino Gns | 15 Maret 2012

  23. ular2itulah yg menjaga perbataan Indonesia dgn malaisia,,biarkan hidup dan memangsa mangsanya sendiri terutama para penyelundup dan cukong2 liar yg memanfaatkan lebatnya hutan kalimantan..Bravo Indonesia..

    Komentar oleh khafidin | 4 April 2012

  24. aku suka gayamu `

    Komentar oleh 123455555555 | 28 April 2013

  25. hajin ular siluman

    Komentar oleh aqu | 28 April 2013

  26. Remarkable things here. I’m very glad to peer your post. Thanks so much and I am having a look forward to contact you. Will you please drop me a mail?

    Komentar oleh free music royalty | 20 Mei 2013

  27. hmmm,,,pernah tidak ada korban yang dimakan ular tersebut (Di Kalimanatan maksudnya)….

    Komentar oleh apw neto | 5 Juli 2013


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: